Tugu Jogja Landmark Wisata Jogja Paling Populer

Yogyakarta Tours

Tugu Jogja menjadi landmark wisata kota jogja paling populer. berwisata di jogja belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Tugu jogja. Tugu jogja ini merupakan sebuah bangunan monumen bersejarah yang terletak tepat di tengah perempatan antara Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Soedirman, Jalan A.M. Sangaji serta Jalan Diponegoro dan sudah berusia hampir tiga abad. Selain sebagai simbol dari kota Yogyakarta, tugu ini juga mempunyai satu poros imajiner antara Laut Selatan, Kraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Hal ini juga berkaitan dengan ikatan magis antara ketiga tempat tersebut.

Tugu Jogja Lendmark Wisata Jogja

Tugu Jogja Lendmark Wisata Jogja

Tugu Jogja dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755. Pada awalnya, tugu ini berbentuk Golong-Gilig dan mempunyai tinggi mencapai 25 meter, dimana tiang dari tugu ini berbentuk Gilig (silinder) dan puncaknya berbentuk Golong (bulat), sehingga pada masa itu tugu ini disebut dengan nama Tugu Golong-Gilig. Pada awal dibangunnya tugu ini mempunyai makna Manunggaling Kawula Gusti yang menggambarkan semangat persatuan antara rakyat dan penguasa dalam melawan penjajah. Namun di sisi lain juga bisa bermakna sebagai hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta.

Tugu Jogja disebut juga dengan De Witt Paal atau Tugu Putih

Pada tanggal 10 Juni 1867, gempa hebat mengguncang kota Yogyakarta dan mengakibatkan runtuhnya bangunan tugu. Dan baru pada tahun 1889, tugu ini mulai diperbaiki oleh pemerintah Belanda yang dilakukan oleh Opzichter van Waterstaat atau Kepala Dinas Pekerjaan Umum, JWS van Brussel di bawah pengawasan Pepatih Dalem Kanjeng Raden Adipati Danurejo V dengan melakukan sedikit renovasi pada bangunan tugu ini. Tugu jogja  ini lalu dibangun dengan bentuk persegi dimana puncaknya tidak lagi bulat melainkan berbentuk kerucut runcing. Tiap sisi bangunan tugu juga dihiasi semacam prasasti yang menunjukkan siapa saja yang terlibat dalam proses renovasi tersebut. Tidak hanya itu saja, tinggi bangunan yang awalnya mencapai 25 meter pun dibuat hanya setinggi limabelas meter. Tugu jogja ini kemudian diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VII pada tanggal 3 Oktober 1889. Semenjak itu, tugu jogja ini disebut dengan nama De Witt Paal atau Tugu Putih.

Tugu Jogja Masa Lalu dan Sekarang

Tugu Jogja Masa Lalu dan Sekarang

Tugu Jogja merupakan salah satu poros imajiner

Tugu Jogja merupakan salah satu poros imajiner antasa Laut Selatan, Kraton Jogja, dan Gunung Merapi. Jika ditarik garis lurus, Anda akan menemukan beberapa obyek wisata yang mengagumkan, antara lain: Gunung Merapi, Kaliurang, Monumen Yogya Kembali, Tugu Jogja, Stasiun Tugu, Malioboro, Pasar Bringharjo, Benteng Vredeburg, Alun-alun Utara, Kraton Jogja, Alun-alun Selatan, Panggung Krapyak/Kandang Menjangan, Desa Wisata Manding sampai dengan Pantai Selatan Parangtritis.

Begitu identiknya Tugu Jogja dengan Kota Yogyakarta, membuat banyak mahasiswa ataupun wisatawan untuk berfoto di Tugu ini saat malam hari. Mungkin hal itu menjadi pertanda bahwa mereka mencintai Jogja dan telah menginjak kota Jogja.

Tugu Jogja Sebagai Poros Imaginer

Tugu Jogja Sebagai Poros Imaginer

Tugu Jogja Kini Bertambah Cantik

Kini Tugu Yogyakarta semakin bertambah cantik dengan taman kecil yang menghiasi sekitar area tugu. Selain menambah kecantikannya, taman ini juga dimaksudkan untuk menjaga agar pengunjung tidak semena-mena naik ke atas tugu dan mengotori bangunan bersejarah ini. Tugu Yogyakarta yang terus mengalami perubahan dan semakin cantik ini, sangat identik dengan Kota Yogyakarta, bahkan keindahan Tugu ini seringkali membuat banyak mahasiswa mengungkapkan rasa senangnya setelah dinyatakan lulus kuliah dengan memeluk atau mencium monumen bersejarah yang satu ini. Kebiasaan ini mungkin salah satu ungkapan sayang kepada Kota Yogyakarta yang akan segera ditinggalkannya, sekaligus menjadi ikrar suatu saat nanti ia pasti akan mengunjungi kota tercinta ini lagi.

Tugu Jogja Lendmark Kota Jogja

Tugu Jogja Lendmark Kota Jogja

Waktu Paling Indah Menikmati Tugu Jogja

Tugu Jogja ini memiliki keistimewaan terlebih saat memandangnya pada malam hari, saat ini tugu jogja sudah terlihat cantik dengan warna-warni lampu yang menyorotnya. Bila Anda ingin memandang sepuasnya sambil menikmati suasana kota Yogyakarta dengan udara segar, Anda bisa memandangnya pada pukul 05.00 – 06.00 saat belum banyak kendaraan yang lalu lalang. Selain itu, Tugu Yogyakarta ini bisa dinikmati saat sore hingga malam hari, Tugu jogja bermandikan cahaya dari lampu sorot yang menghiasi bangunan tersebut, sambil menikmati jajanan di sekitar kawasan Tugu.

Tugu Jogja Pusat Wisata Jogja

Tugu Jogja Pusat Wisata Jogja

Tugu Jogja menjadi Lendmark  dan Obyek Wisata Jogja Paling Favorit

Keberadaan Tugu Jogja ini pun perlahan berubah menjadi salah satu obyek wisata, para wisatawan asing maupun domestik seringkali mengunjungi bangunan monumen ini khususnya pada malam hari untuk sekedar berfoto bahkan tidak jarang digunakan sebagai lokasi pemotretan model ataupun pre wedding. Jika di malam hari seringkali didatangi pengunjung untuk berfoto, lain halnya ketika siang hari yang kerap digunakan sebagai tempat mengadu para mahasiswa yang menggelar aksi unjuk rasa.Keistimewaan lainnya adalah jika memandang dari keraton Yogyakarta, ke arah utara, maka akan terlihat bahwa Jalan Malioboro, Jl Mangkubumi, tugu ini, dan Jalan Monumen Yogya Kembali akan membentuk satu garis lurus persis dengan arah ke puncak gunung Merapi.

Koordinat GPS Tugu Yogyakarta : -7°46’58.5″, 110°22’1.3″
Jarak dari Malioboro: 1.1 km.

Testimoni Tamu di TripAdvisor

  •   Percutian selama 4 hari di Jogja sangat bermakna untuk kami. Dengan bantuan tourguide, Supri dari Java Heritage kami dibawa ke lokasi2 yang menarik serta rumah-rumah makan yang enak-enak. Dengan harga perkhidmatan yang berpatutan yang ditawarkan oleh Java Heritage, kami berjaya menamatkan misi percutian kami. Sepanjang...Selengkapnya

    thumb Camper671727
    11/27/2018

      Percutian selama 4 hari 3 malam. Kami mengambil pakej transport & penginapan. Servis diberi sangat bagus. Driver kami, Supri sentiasa memberi idea & pandangan tentang tempat kami lawati. Tempat tinggal kami juga sangat selesa & selamat. Berhawa dingin dan free flow water. Layanan owner Pak...Selengkapnya

    thumb hanannabilah
    10/21/2018
  •   Perjalanan percutian sangat seronok.tempat sangat menarik bersama mas adi ....seorang yg ramah.terima kasih jugak pada pak agus kamarnya sungguh selesa.makanan enak.tq pada pak agus dan adi.👍👍👍👍👍

    thumb lizajamaludin
    11/09/2018

      Percutian yg menyeronokkan. Tempat² yang menarik. Pemandu yg baik, peramah, penyabar. Tq mas Adi dan pak Agus. Semoga ketemu lg di lain waktu.

    thumb n0rhaslindaj
    11/09/2018

Wisata Jogja - Tour & Transport


Yogyakarta Tour | Borobudur Sunrise Tour | Ramayana Ballet | Private Driver | Transport

Reservation Telp/ Whatsapp/:
+62 8191 5534 286

Email : agusrohmad@yahoo.com

enjoy treveling with us


Thank you for visiting WisataJogja.Net If you need support, please Contact us.

Your Name (required)

Your Email (required)

Phone No.(required)

Subject

Your Message

captcha

Tags:
author

Author: 

WisataJogja.NET adalah direktori wisata jogja dan sekitarnya. Wisata Jogja menyajikan informasi wisata di jogja, daftar hotel-hotel, resto dan café serta tempat nongkrong yang asik hasil rekomendasi wisatawan yang berkunjung di jogja.